Rabu, 01 April 2015

Berprestasi Tanpa Narkoba

     Meski sudah tahu bahaya narkoba seperti apa, buktinya masih banyak remaja yang terjerat narkoba. Menyeramkan dan harus segera dihentikan! Kalau dulu narkoba digunakan oleh orang dewasa, sekarang sudah banyak remaja yang ikut-ikutan mencoba. Berdasarkan hasil survey tahun 2011, jumlah pengguna narkoba mencapai 4,7 juta jiwa. Dan 22% diantaranya adalah remaja. Bayangkan ada berapa jumlah pengguna narkoba beberapa tahun mendatang. Serem banget kan?

Yuk, Hindari Narkoba
     Enggak mau dong masa depan jadi suram karena narkoba? Agar enggak terjebak, yuk lakukan langkah-langkah berikut:
1. Menghargai diri sendiri
     Seringnya kita membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain sehingga kita menjadi minder dan kurang percaya diri. Setiap orang punya kelebihan dan keunikan masing-masing. Dengan membanding-bandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat kita menyia –nyiakan masa remaja. Daripada membuang waktu untuk hal seperti ini. Lebih baik mengembangkan kelebihan kita dan berprestasi.
2. Berhati-hati memilih teman
      Umumnya, remaja mencoba meggunakan narkoba karena pengaruh teman. Sehingga, jika berada di lingkungan yang ‘kurang sehat’, kemungkinan untuk ikut memakai narkoba jadi semakin besar.
3. Bersikap tegas
     Jika melihat tanda-tanda ada teman yang mengajak menggunakan narkoba, jangan pernah mau terpengaruh. Teman yang baik tentunya tidak akan memaksa kita melakukan hal negatif. Jadi, enggak ada salahnya untuk menjauhi teman seperti ini.
4. Minta bantuan
     Jika enggak sanggup menyelesaikan masalah, mintalah bantuan kepada orang lain yang lebih mengerti, seperti guru dan orang tua. Jangan melarikan diri kepada narkoba meski katanya narkoba bisa membantu menyelesaikan masalah. Itu tidak benar karena narkoba hanya akan mendatangkan masalah baru.
     Dengan memanfaatkan setiap kesempatan yang dimiliki dengan berprestasi, kita enggak akan tergiur untuk mencoba narkoba. Dan setelah itu, kita bisa menolong orang lain deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar