Minggu, 03 Mei 2015

10 SLTP Se Kabupaten Tulungagung siap jalankan Rencana Aksi Perangi Narkoba


Pada tanggal 29 April 2015, BNN KabupatenTulungagung melaksanakan kegiatan “Lembaga Pendidikan SLTP yang Mendapatkan Pengembangan Kapasitas” Tri bulan II di BarataConvention Hall, Tulungagung. Kegiatan tersebut menghadirkan 2 Narasumber (Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan) serta 5 unsur sekolah (Komite Sekolah, OSIS, Guru BK, Pengurus UKS dan Penjaga Sekolah) dari 10 SLTP Negeri dan Swasta se Kabupaten Tulungagung. 

Pada kesempatan tersebut, Kepala BNN Kabupaten Tulungagung Ria Damayanti, SH, MM. Memberikan Sambutannya yang menyatakan bahwa sekarang ini Indonesia berada dalam situasi Darurat Narkoba dengan banyaknya kasus peredaran narkoba yang terungkap, angka prevalensi semakin meningkat hingga saat ini mencapai 2,8 % atau 4,2 Juta dari jumlah penduduk warga Indonesia dan angka statistik 40-50 orang meninggal per hari karena narkoba. Kemudian beliau menyampaikan maksud dari kegiatan ini yakni untuk mengubah pola pikir masyarakat, dengan memberikan pemahaman yang jelas bahwamenanganipermasalahan narkoba bukan hanya tugaspemerintah, melainkanjugamemerlukanperanaktifmasyarakat, termasuklembagapendidikan. Sehingga perlu dilaksanakan pengembangan kapasitas terhadap lembaga pendidikan SLTP dalammenciptakanlingkungan sekolah bebas daripenyalahgunaandanperedarangelapnarkoba, di tengah situasi Indonesia Darurat Narkoba.

Acara tersebut diakhiri dengan penyusunan Upaya / Kiat-kita Pencegahan dan Pemberdayaan Sekolah dalam Rangka Menolak Narkoba atau rencana aksi dalam rangka meredam Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap  Narkoba di Lingkungan Sekolah, di akhir acara Drs. Tri AriefPraharanto. S.Kom., M.M. selaku Kepala Seksi Rehabilitasi BNN Kabupaten Tulungagung sekaligus Moderator dalam acara tersebut, membacakan rincian Action Plan dari masing-masing unsur sekolah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar