Rabu, 04 November 2015

Tes Timoni Rehabilitasi di Radio Josh


Strategi promosi rehabilitasi Penyalahgunaan narkoba  memang perlu adanya inovasi. Penyampaian yang sebelumnya hanya dilakukan ketika Penyuluhan di Sekolah ataupun instansi Negeri dan Swasta, kini melebar  melalui media cetak maupun elektronik. Populasi penduduk yang sangat banyak merupakan suatu alasan mengapa promosi ini menggandeng media, sehingga informasi terkait terapi dan rehabilitasi bisa diterima lebih meluas ke seluruh penjuru masyarakat.  

Berkaitan dengan hal itu BNN Kabupaten Tulungagung, yang diwakili oleh Kepala Seksi Rehabilitasi  Drs. Tri Arief Praharanto, S.Kom., M.M. bersama 2 orang mantan residen yang kini sudah bebas dari jeratan narkoba, mengudara di Radio Josh di siang hari pada Selasa (3/11). Pada awal acara, Drs. Tri Arief Praharanto, S.Kom., M.M.  memaparkan tentang program kerja BNN Kabupaten Tulungagung terutama  Seksi Rehabilitasi. Menurut beliau tahun 2015 dan 2016 ini masih menitik beratkan pada Program rehabilitasi. Program yang sangat booming dengan program 100.000 rehabilitasi Penyalahguna narkoba ini, mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Pada tahun 2015 ini, telah terjadi peningkatan Penyalahguna yang melapor untuk mendapatkan layanan terapi dan rehabilitasi di BNN Kabupaten Tulungagung. Hingga November 2015 sebanyak 261 Penyalahguna narkoba berhasil direhabilitasi (18 rawat inap dan 243 rawat jalan).

Dalam sesi terakhir host Radio Josh,  mewawancari kedua mantan residen yang telah berhasil direhabilitasi. Dapat disimpulkan bahwa faktor lingkungan merupakan hal paling dominan yang menyebabkan seseorang itu terjerumus dalam jurang penyalahgunaan narkoba. Mereka pun menceritakan tentang kondisi pasca rehabilitasi yang semakin membaik dan lebih semangat dalam mengarungi episode kehidupan berikutnya, dimana mereka sudah mengikuti program pelatihan kerja yang diadakan Balai Lingkungan Kerja (BLK),  sehingga dengan program tersebut mereka lebih terampil dan siap bersaing di dunia kerja.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar